Pemimpin pujian (songleader/worshipleader) adalah orang yang bertugas memimpin jemaat menyanyikan lagu-lagu/puji-pujian dalam suatu Ibadah. Apakah itu ibadah umum, ibadah pemuda & remaja, ibadah Pendalaman Alkitab dan ibadah dalam persekutuan lainnya.

Namanya saja worshipleader/pemimpin pujian berarti ia yang memimpin bagaimana jemaat menyanyi lagu-lagu yang dibawakannya. Mengapa pemimpin pujian/worshipleader dibutuhkan? Worshipleader dibutuhkan supaya jemaat bisa menyanyi dengan teratur. Coba pikirkan kebenarannya, apakah yang kira-kira akan terjadi ketika Anda bertugas sebagai worshipleader saat jemaat menyanyikan suatu pujian,  Anda juga ikut menyanyi dan Anda tidak mengarahkan jemaat untuk menyanyi. Pasti jemaat akan bingung setelah lagu bait pertama itu akan berakhir, karena masing-masing jemaat akan berpikir, ada yang akan mengulangi lagu itu dari awal, mungkin ada yang langsung ke bagian reff lagu, dan pasti kacau. Itu baru jemaat yang mengalami kebingungan.

Bagaimana dengan konsentrasi dari tim musik yang mengiringi pujian dalam ibadah tersebut? Jelas tidak akan sinkron antara musik dan worshipleader, sebab worshipleader tidak berperan dengan baik sebagai pemimpin puji-pujian.

Kalau Anda sebagai worshipleader melaksanakan tugas memimpin pujian dengan baik, jelas puji-pujian yang dikumandangkan akan terdengar kompak dan harmonis. Itu sebabnya, seorang worshipleader harus memainkan perannya sebagai pemimpin pujian dan ia harus selalu sadar bahwa ia adalah pemimpin dalam saat bertugas sebagai worshipleader.

Ada enam (6) kode kunci yang harus Anda ketahui dalam memimpin pujian, pelajari dan laksanakan ketika Anda melayani sebagai seorang worshipleader, sebagai berikut:

  1. Kode dengan satu jari yaitu jari telunjuk, artinya lagu dimulai dari awal lagi. Kode ini biasa hanya berlaku bagi tim musik, agar jemaat dapat mengikuti, Anda harus ucapkan atau lagukan bait pertamanya lagu itu.
  2. Kode dengan dua jari yakni jari telunjuk dan jari tengah, artinya lagu dinyakikan dari bagian reff-nya. Anda juga harus mengucapkan bait pertama dari bagian reff-nya agar jemaat dapat mengikuti.
  3. Kode dengan tiga jari yakni jari tengah, manis dan kelingking, artinya lagu dimulai pada bagian ending-nya/akhir lagu. Anda juga harus mengucapkan bait lagu yang menjadi ending-nya agar jemaat dapt mengikutinya.
  4. Kode dengan tangan dikepal, artinya lagu berhenti, otomatis musik juga berhenti. Tapi jangan lupa, Anda juga harus menggunakan dengan cara, maksud dan nada yang baik. Anda bisa mengatakan “ok /ya kita stop sebentar, bisa juga karena ingin supaya nadanya dinaikan/diturunkan, Anda meminta tim musik memainkan irama lain, atau menyanyi tanpa musik, dll” secara enjoy, agar semuanya dapat mengikuti maksud Anda.
  5. Kode dengan menunjuk jempok ke atas, artinya nadanya dinaikan satu. Hal terjadi karena nada yang diambil itu rendah. Ini khusus untuk tim musik.
  6. Kode dengan menunjukkan jempol ke bawah atau jari kelingking ke bawah artinya nadanya diturunkan karena tinggi. ini juga khusus bagi tim musik.

Jika saat ini Anda sering bertugas sebagai worshipleader berarti untuk kemajuan Anda, maka Anda harus sering mendengarkan kaset, CD, MP3 lagu-lagu rohani. Anda harus bisa menyanyi mengikuti segala jenis irama dengan benar, Anda harus bisa menghafal lagu-lagu dengan baik. Kalau bisa pelajari dan kuasai lagu baru dan ajarkan kepada jemaat.

Bagi Anda yang masih dalam tahap belajar, Anda bisa memulainya sendiri di depan cermin, atau Anda bisa menyanyi dalam hati dimana saja dan kapan saja, sambil menggunakan enam kode kunci diatas. Biasanya pada awal-awal seseorang untuk bertugas sebagai worshipleader mereka mengalami ketakutan, karena tidak tahu bagaimana caranya memimpin pujian. Sehingga ketika pertama kali bertugas sebagai worshipleader, hatinya dag-dig-dug, mulutnya gemetar, bingung mau mulai darimana dan bagaimana, kadang berkeringat dll.

Jika Anda punya kemauan pasti ada jalan. Orang lain bisa karena mereka biasa memimpin pujian. Anda pun akan bisa apabila biasa memimpin pujian. Berani mencoba, Anda pasti bisa!!!

sumber: https://pealtwo.wordpress.com/enam-kode-kunci-dalam-memimpin-pujian/

Added by

praise.id

SHARE